Apa itu Linux, Fungsi dan Kelebihan Nya

linux tux

 Seperti yang telah tertulis di judul, kita akan membahas pengertian secara umum tentang Linux. Mungkin sebagian masyarakat tidak semua tahu tentang Linux ini, karena Linux sendiri kurang populer dikalangan pengguna komputer. Tapi untuk orang yang sudah pernah mendengar apa itu Linux, pasti mengetahui kalau Linux memiliki banyak manfaat didalamnya.

       Kebanyakan masyarakat menganggap Linux adalah sebuah sistem operasi, seperti Windows. Pernyataan ini bisa dibilang kurang tepat karena Linux sebenarnya adalah sebuah kernel, kalau sistem operasi sendiri adalah sebuah sistem yang lengkap karena sudah tertanam fitur-fitur pendukungnya.

Daftar Isi

1. Sejarah Linux

Dikala itu sudah ada sistem operasi komersial yaitu Unix dan DoS yang sekarang menjadi windows, kedua sistem operasi tersebut bersifat tertutup dan harus bisa didapatkan dengan cara membeli.

Sekelompok developer telah membentuk suatu group yang diberinama GNU sebagai wadah untuk membuat sistem dan aplikasi yang bebas digunakan dan opensource, semua komponen telah selesai dibuat dan hanya ada satu komponen penting yang belum mereka berhasil buat yaitu Kernel yang akan menjadi jantung dan inti sistem operasi opensource idaman mereka.

Hingga akhirna pada tahun 1991 seorang mahasiswa jurusan computer science dari universitas Helsinki (University of Helsinki) menulis sebuah sistem operasi yang independen untuk bisa berjalan di PC barunya yang menggunakan processor 80386 tanpa mengutip/menggunakan kode unix sedikitpun. Sistem operasi inilah yang kelak menjadi Linux yang sedang kita pelajari sekarang

2. Fungsi Linux

Kamu sudah tau kan kalau linux itu adalah sebuah sistem operasi sama halnya dengan windows, bedanya adalah linux berlisensi free dan opensource sehingga bebas untu dikebangkan, didistribusikan dan gratis digunakan tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Dari awal penciptaan nya linux lebih fokus digunakan untuk membuat infrastruktur mulai dari infrastruktur jaringan internet , keamanan hingga infrastruktur IT dan mesin industri.

Yap linux banyak digunakan untuk perangkat switch, router, server, super computer, mesin industri, IoT, CCTV, drone, pesawat luar angkasa dan masih banyak lagi.

Baca Juga: penjelasan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

Linux memang tidak populer di kalangan user biasa seperti windows yang hampir mungkin 90% digunakan oleh semua orang awam untuk desktop dan laptopnya.

Jadi untuk dunia industri bisa linux adalah suatu keharusan apalagi bagi seorang developer seperti programmer, bayangkan kalau developer tidak bisa linux, hmm pasti aplikasinya tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: Pengertian dan fungsi Cisco

tux si maskot dari linux
TUX si maskot dari linux

3. Kelebihan Linux

  1. Ringan jika dijalankan, sehingga hanya membutuhkan sedikit sumber daya pada perangkat komputer
  2. Proses installasi yang cepat
  3. Proses booting yang cepat
  4. Sangat aman karena tidak mudah terkena virus
  5. Gratis

4. Kekurangan Linux

  1. Jumlah aplikasi pendukungnya lebih sedikit
  2. Proses instalasi yang sulit bagi pengguna yang belum pernah menggunakan Linux
  3. Kurang cocok digunakan untuk bermain game, karena banyak game yang mungkin tidak mendukung Linux

Sumber: belajarlinux & diskominfo